Pengunjung

Senin, 21 Oktober 2019

Siomay




Sejarah Siomay

Halo Pencinta Siomay kali ini saya mau cerita tentang sejarah siomay. Kalian pasti belom tahu sejarah siomay,heuh tau nya Cuma makan aja kali ye, he he.Hayo ngaku.O ya saya juga mau cerita manfaat nya ya. Pantengin ya komputer atw smartphone kalian dimulai,pelajaran dimulai,teng.


Siomay itu adalah salah satu jenis dim sum. Klo di mandarin namanya shaomai. Mongolia Dalam adalah asalnya siomay. Dahulu dimsum mempunyai varian lain yang namanya siomay. Cincangan daging yang dibaluti oleh kulit pangsit adalah bahan untuk membuat siomay. Tetapi di Indonesia siomay berubah bentuk dan isinya juga bukan lagi daging cincang tapi ikan tenggiri atau berbagai jenis ikan, udang, ataupun ayam karena di Indonesia mayoritas agamanya adalah muslim maka dipastikan siomay dari bahan-bahannya berasal dari yang halal.

siomay di indonesia disajikan dengan berbagai jenis sayuran seperti kol, kentang,pare, tahu ataupun telor dimana sajian tambahan dari siomay tentu saja sayuran sehat bermanfaat,. Menu tambahannya ini juga dimasukan adonan siomay.
Klo orang cina siomay terbuat dari daging babi yang dibungkus dari kulit yang terbuat dari terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari udang, daging kepiting, atau daging api. Siomay dimasak dengan cara dikukus dengan kukusan tentunya kemudian cuka dijadikan sebagai bumbu untuk penyajian siomay yang sudah masak.

Variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri,ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang adalah berbagai jenis siomay yang ada di Indonesia. Bahan-bahan seperti sagu atau tapioka dicampurkan dengan terigu kemudian di adon dengan bahan utama seperti ikan,daging ayam ataupun udang .

Penyajian siomay di Indonesia tidaklah kering tanpa bumbu seperti yang ada di China.Nah ini juga yang menjadi ciri khas Indonesia dimana siomay disajikan dengan bumbu kacang yang pedas, diberikan saos dan kecap serta perasan jeruk limau yang menjadikan siomay menjadi lebih nikmat gurih sedap dan lezat. Tetapi bumbu kacang kini tidak selalu penjadi patokan utama bumbu siomay, karena sudah banyak penjual siomay yang berinovasi mengganti bumbu kacang dengan kuah kaldu ayam atau kuah asam manis. Dan itu menjadikan siomay mempunyai beragam cita rasa.

Improvisasi makanan siomay ini banyak dilakukan di daerah Jawa barat khususnya Bandung,oleh karena itu banyak orang menyebutnya siomay Bandung. Tetapi Penikmat siomay sekarang kini tidak hanya di Bandung saja, tapi sudah menyebar keseluruh pelosok di Indonesia dan yang menjadi nilai jualnya itu pasti dituliskan Siomay Bandung.

Siomay telah memperkaya dunia kuliner nusantara walaupun awalnya berasal dari luar Indonesia.Oleh karena itu sepatutnya kita juga berbangga dengan beragamnya kuliner yang ada di Indonesia seperti siomay ini.

Yuk kita lestarikan kuliner sehat siomay!

sumber :
http://dagingkebab.com/sejarah-siomay/

0 komentar:

Posting Komentar